Minggu, 25 Mei 2008

Jurnal Gesti

PROGRAM STUDI ELEKTRONIKA KOMUNIKASI DENGAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN ELEKTRONIKA :
KASUS DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO ANGKATAN 2001
Brigita Branendra Wardhani Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 1997 UNJ dan lulus tahun 2003.
(Jurnal penelitian ini disunting oleh Tri Gesti Anggarini No.Reg : 5212057011, mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Angkatan 2005).


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif antara minat mahasiswa memilih program studi elektronika komunikasi dengan hasil belajar rangkaian elektronika, masalah yang diajukan dala penelitian adalah apakah terdapat hubungan yang positif antara minat mahasiswa memilih program studi elektronika komunikasi dengan hasil belajar rangkaian elektronika
Kata Kunci: Minat mahasiswa, program studi elektronika komunikasi, hasil belajar rangkaian elektronika



Banyak hal yang melatarbelakangi mahasiswa memilih program studi elektronika komunikasi, antara lain lapangan pekerjaan yang lebih luas, hobi, ingin membuka usaha sendiri, prestasi belajar baik pada mata kuliah yang mendukung bidang elekronika yang diminatinya dan sudah mengambil bidang keahlian elektronika komunikasi pada waktu di SMK. Hal ini tentu akan sangat berkaitan dengan minat mahasiswa memilih program studi elektronika komunikasi. Minat tidak hanya datang dengan sendirinya dari pribadi seseorang, tetapi membutuhkan stimulus yang mempengaruhi munculnya minat pada seseorang.
Dengan adanya minat tersebut, mahasiswa akan merasa membutuhkan mata kuliah yang berkaitan dengan program studi elektronika komunikasi, sehingga memungkinkan mereka memilih program studi elektronika komunikasi. Pengenalan mata kuliah rangkaian elektronika dilaksanakan pada semester ketiga yang didalamnya mencakup komponen-komponen elektronika : karakteristik komponen dioda, BJT, FET dan CMOS; rangkaian dioda dan aplikasinya; rangkaian penguat tegangan, penguat dengan umpan balik, penguat daya, pasangan Darlington, rangkaian osilator, rangkaian dasar FET.
Berdasarkan uraian di atas maka ingin diteliti ”Apakah terdapat hubungan antara minat mahasiswa memilih program studi elektronika komunikasi dengan hasil belajar rangkaian elektronika”.
Pemilihan jurusan yang dilakukan di jurusan Teknik Elektro yaitu disesuaikan dengan pemilihan peminatan mahasiswa terhadap program studi yang ada dan hasil konsultasi dengan dosen sebagai pembimbing akademik. Program studi yang ada di jurusan Tekink Elektro adalah program studi Listrik Tenaga dan Elektronika Komunikasi. Program studi elektronika komunikasi adalah program studi yang mempelajari tentang jaringan komunikasi. Tujuan dari program studi elektronika komunikasi adalah menghasilkan guru atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berwewenang penuh mengajarkan teknologi sesuai dengan bidang keahliannya yaitu bidang elektronika.
Minat setiap individu berbeda-beda, sesuai dengan pribadinya masing-masing yang cenderung untuk berubah-ubah. Hal ini dipengaruhi oleh informasi dan pengalaman atau pengetahuan yang diperolehnya. Jadi yang penting adalah jenis informasi dan pengetahuan yang benar dan tepat dapat memberikan gambaran yang diminatinya. Setelah mendapatkan gambaran dan informasi seseorang dapat memilih untuk meneruskan minatnya itu atau malah mengurungkan minatnya menekuni suatu bidang tertentu. Minat mempengaruhi bentuk dan intensitas aspirasi seseorang. Diantara bermacam-macam keinginan manusia, minat untuk memilih program studi elektronika komunikasi dan mendapatkan pengetahuann tentang hal-hal yang berkaitan dengan elektronika komunikasi merupakan salah satu minat mahasiswa. Minat mahasiswa akan program studi elektronika komunikasi tidak timbul dengan sendirinya, pasti ada hal-hal yang menunjang timbulnya minat tersebut.
Seseorang yang berminat terhadap mata kuliah tertentu akan memusatkan perhatiannya lebih banyak, yang memungkinkan seseorang tadi untuk belajar lebih giat dan akhirnya mencapai prestasi yang diinginkan.
Adapun minat mahasiswa yang memilih program studi elektronika komunikasi dilihat dari aspek-aspek minat yaitu :
1. Aspek kognitif, konsep yang dikembangkan seseorang mengenai bidang yang berkaitan dengan minat
· Ingin tahu, rasa yang dimiliki seseorang untuk memperoleh gambaran dan informasi yang ia butuhkan mengenai bidang yang diminatinya, berdasarkan atas pengalaman pribadi dan apa yang dipelajari di rumah, di bangku perkuliahan dan di masyarakat.
2. Aspek efektif, dinyatakan dalam sikap terhadap kegiatan yang ditimbulkan minat
· Kebutuhan, rasa yang dimiliki seseorang untuk menghargai keindahan, untuk mendapat penghargaan dan sebagainya.
· Rasa suka, yang dimiliki seseorang untuk menyukai atau tidak menyukai subyek tertentu setelah memperoleh gambaran dan informasi.
3. Aspek konatif atau kemauan
· Melakukan suatu aktivitas, rasa yang dimiliki seseorang untuk melakukan suatu aktivitas yang mendukung minatnya.
Belajar adalah pembentukan hubungan antara stimulus dan respon, antara aksi dan reaksi. Antara stimulus dan respon ini akan terjadi hubungan yang sangat erat apabila sering dilatih. Berkat latihan yang terus menerus, hubungan antara stimulus dan respon ini akan menjadi terbiasa secara otomatis.
Dari teori-teori belajar yang dikemukakan di atas, dapat dikemukakan adanya beberapa elemen penting yang mencirikan pengertian tentang belajar (Ngalim Purwanto, 1990:85), yaitu bahwa ;
1. Belajar merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku, di mana perubahan itu dapat mengarah kepada tingkah laku yang lebih baik ataupun mengarah ketingkah laku yang lebih buruk.
2. Belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi melalui latihan atau pengalaman
3. Perubahan yang terjadi harus bersifat relative mantap, yaitu perubahan yang harus merupakan akhir dari pada suatu periode waktu yang cukup panjang.
(Winkel. W.S, 1991:36) mengatakan bahwa perubahan yang terjadisebagai hasil dari proses belajar berupa, pengetahuan, pemahaman dan sikap. Jadi seseorang dinyatakan telah belajar bila terjadi perubahan dalam :
1. Penguasaan pengetahuan baru atau penambahan pengetahuan baru yang telah ada sebelumnya (aspek kognitif).
2. Penguasaan keterampilan baru atau penyempurnaan keterampilan yang telah dikuasai sebelumnya (aspek psikomotorik).
3. Pengembangan sikap dan minat baru atau penyempurnaan sikap dan minat yang telah dimiliki sebelumnya (aspek efektif.
(Nana Sudjana , 1995:3)Hasil belajar dapat diketahui melalui evaluasi atu penilaian. Penilaian hasil belajar adalah proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai siswa dengan kriteria tertentu. Penilaian hasil belajar dapat diperoleh dengan menggunakan alat evaluasi berupa tes, yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelegensi, bakat, minat dan sebagainya.
Hasil belajar rangkaian elektronika adalah keberhasilan mahasiswa didalam menyelesaikan suatu pekerjaan dan hasil belajar rangkaian elektronika adalah gambaran hasil yang dicapai akibat adanya latihan atau tes-tes diman peristiwa belajar terjadi dalam kondisi yang ada pada batas-batas tertentu dapat diketahui dan dikontrol. Mata kuliah rangkaian elektronika merupakan jembatan bagi mahasiswa didalam memilih program studi. Hasil belajar rangkaian elektronika dilihat dari aspek kognitifnya, yaitu mencakup tujuan yang berhubungan dengan berfikir dan memecahkan masalah. Jika tingkat pemahaman akan konsep dan teori Rangkaian Elektronika tinggi maka dapat menunjang keberhasilan didalam mendalami bidang Elektronika Komunikasi yang diminatinya.
Berdasarkan masalah yang diuraikan diatas maka dapat dirumuskan tujuan penelitian sebagai berikut “Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat mahasiswa memilih program studi elektronika komunikasi dengan hasil belajar rangkaian elektronika”.

METODE DAN DESAIN PENELITIAN
Metode Penelitian
Berdasarkan variable yang diteliti yaitu minat mahasiswa memilih program studi elektronika komunikasi sebagai variabel bebas, dan hasil belajar rangkaian elektronika sebagai variabel terikat, maka penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Korelasional karena pengambilan data dilakukan secara langsung oleh peneliti yang berupa pengamatan yang bertujuan untuk menganalisa ada tidaknya hubungan antara variabel penelitian.

HASIL PENELITIAN
Dalam hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata minat mahasiswa memilih program studi elektronika komunikasi sebagai variabel bebas (X) adalah 199,06 dan nilai rata-rata hasil belajar rangkaian elektronika sebagai variabel terikat (Y) adalah 59,96.
Uji prasyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Liliefors untuk normalitas dan uji F untuk linieritas. Uji normalitas untuk minat mahasiswa memilih program studi elektronika komunkasi dan hasil belajar rangkaian elektronika adalah 0,1664 dan 0,1626.sementara L tabel untuk n= 25 pada tabel liliefors adalah 0,173, sehingga L tabel > L hitung, maka data berdistribusi normal. Uji F Linieritas diperoleh F hitung = 0,63 sedangkan F tabel = 4,58 dengan dk (18/5), sehingga F hitung < y =" -" rxy =" 0,0723" thitung =" 7,27." hitung =" 7,27" a =" 0,05"> t tabel .
Berdasarkan pengujian hipotesis dan hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara minat mahasiswa memilih program studi elektronika komunikasi dengan hasil belajar rangkaian elektronika.
Dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment didapat koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,73 yang berarti hubungan tersebut dalam kategori cukup tinggi dan positif. Sedangkan berdasarkan uji-t didapat thitung = 7,27 dan t tabel = 1,71. hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara minat mahasiswa memilih program studi elektronika dengan hasil belajar rangkaian elektronika.
Dari data penelitian diperoleh hasil bahwa semakin tinggi minat yang dimiliki mahasiswa semakin tinggi pula hasil belajar yang diperolehnya. Hal ini dikarenakan bahwa minat dapat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar mahasiswa dalam bidang-bidang tertentu. Sebagai implikasi dari penelitian ini bahwa minat mahasiswa yang tinggi akan bidang-bidang tertentu diharapkan akan mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar mahasiswa.
Suatu kenyataan yang diperoleh dari hasil penelitian bahwa seseorang yang berminat akan bidang tertentu pasti akan membutuhkan informasi dan pengetahuan yang menunjang minatnya. Minat yang tinggi akan mempermudah proses belajar mengajar. Setelah memperoleh informasi yang ia butuhkan, ia akan memutuskan untuk meneruskan minatnya atau malah mengurungkan minatnya. Mata kuliah rangkaian elektronika merupakan jembatan bagi mahasiswa didalam memilih program studi. Jika mahasiswa yang memiliki minat yang tinggi memilih program studi elektronika komunikasi maka ia akan berusaha mencapai hasil belajar rangkaian elektronika yang tinggi pula, karena minat menunjang pencapaian kualitas hasil belajar. Dengan hasil belajar yang tinggi, ia dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi sesuai dengan minatnya.

PENUTUP
Berdasarkan pengujian hipotesis dan hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang antara minat mahasiswa memilih program studi elektronika komunikasi dengan hasil belajar rangkaian elektronika.
Dari data penelitian diperoleh hasil bahwa semakin tinggi minat yang dimiliki mahasiswa semakin tinggi pula hasil belajar yang diperolehnya. Hal ini dikarenakan bahwa minat dapat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar mahasiswa dalam bidang-bidang tertentu.
Seseorang yang berminat terhadap program studi elektronika komunikasi membutuhkan mata kuliah yang menunjang minatnya, dengan demikian ia akan berminat pula dengan mata kuliah tersebut dan akan memusatkan perhatiannya lebih banyak, yang memungkinkan seseorang tadi untuk belajar lebih giat dan akhirnya mencapai prestasi yang diinginkan.
DAFTAR PUSTAKA

Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia.

Tidak ada komentar: