Minggu, 25 Mei 2008

Jurnal Wayan

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP AKTIVITAS ORGANISASI
KEMAHASISWAAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN
PRESTASI AKADEMIK
Alfa Saputra* dan Wayan Kurdiyanto**
*Mahasiswa lulusan tahun 2006 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
**Mahasiswa angkatan 2005 dengan NIM: 521 5056 990 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta


Pendidikan merupakan salah satu wujud kebudayan manusia yang selalu tumbuh dan berkembang seiring dinamika zaman. Saat ini pendidikan adalah suatu kebutuhan bagi manusia yang hidup dan beraktivitas sehingga banyak darimereka rela mengeluarkan banyak dana, tenaga dan waktu demi pendidikan, demikian juga niat mereka menjalani pendidikan juga beragam dari sekedar mengejar suatu idealisme pengetahuan.
Kampus sebagai lembaga pendidikan tinggi tempat mahasiswa mengenyam pendidikan sekaligus tempat mahasiswa melakukan beragam aktivitas kemahasiswaan termasuk berorganisasi. Berorganisasi adalah suatu pembelajaran yang nyata terhadap kondisi masyarakat dan beriteraksi dengan orang banyak. Motif mereka untuk memasuki lembaga kemahasiswaan juga beragam, dari benar-benar ingin mendalami bidang yang digeluti atau hanya sekedar menghabiskan waktu senggang selepas penat dari perkuliahan. Terlebih dengan kondisis alam demokrasi Indonesia yang saat ini sedang berkembang pasca Reformasi tahun 1998, maka organisasi kemahasiswaan tumbuh dengan pesat di berbagai kampus baik negeri maupun swasta.
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas maka masalah-masalah yang dapat diidentifikasi adalah sbb:
Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa?
Faktor-faktor apakah yang melatarbelakangi mahasiswa ikut berorganisasi dalam kegiatan kemahasiswaan di UNJ?
Apa sajakah perbedaan-perbedaan system struktur kemahasiswaan saat ini dengan sebelumnya?
Apakah kegiatan mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan dapat mempengaruhi prestasi akademis mahasiswa?
Apakah jenis kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa?
Bagaimanakah upaya mahasiswa untuk menyeimbangkan antara aktivitas organisasi dengan prestasi akademik?
Apakah terdapat hubungan antara aktivitas mahasiswa di kegiatan kemahasiswaan dengan prestasi akademik?
8. Apakah aktivitas mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan mempercepat mahasiswa dalam menyelesaikan studinya?


Metode Penelitian
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisa korelasional.
Hasil Penelitian
Data Persepsi Mahasiswa terhadap Aktivitas Ormawa
Data yang diperoleh dari variabel X, yaitu Persepsi Mahasiswa terhadap Aktivitas Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) adalah sebagai berikut:
Tabel
Deskripsi Data Variabel X
Keterangan
Symbol
Nilai
Jumlah sampel
n
50
Skor terendah
-
114
Skor tertinggi
-
195
Rerata
x
146,64
Rentangan data
R
81
Modus
Mo
137
Median
Me
145,5
Simpangan baku
S
15,759
Varians
σ
248,358
Data Prestasi Akademik
Data yang diperoleh dari variabel Y (Prestasi Akademik) adalah sebagai berikut:
Tabel
Deskripsi Data Variabel Y
Keterangan
Symbol
Nilai
Jumlah sample
n
50
Skor terendah
-
1,825
Skor tertinggi
-
3,915
Rerata
y
2,983
Rentangan data
R
2,09
Modus
Mo
3
Median
Me
2,965
Simpangan baku
S
0,489
Varians
σ
0,239

Kesimpulan dan Saran
Berdasarkan hasil penelitian didapat hubungan yang signifikan antara Persepsi Mahasiswa terhadap Aktifitas Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) dengan prestasi akademik. Hal ini berarti bahwa aktivitas mahasiswa dalam ormawa memberikan dampak positif kepada prestasi akademik.
Sesuai hasil penelitian dan berdasarkan kepada implikasi penelitian, maka penelitian menyarankan:
1. Sebaiknya mahasiswa berusaha untuk aktif dalam berorganisasi agar mendapatkan kecakapan-kecakapan yang menunjang prestasi akademik.
2. Ormawa hendaknya membuat program-program yang dapat dirasakan manfaatnya oleh para aktivis didalamnya dan mahasiswa secara umum agar kegiatan ormawa dapat memberikan nilai positif.
3. Pihak Perguruan Tinggi hendaknya mampu membina dan mengembangkan ormawa yang ada didalamnya guna menciptakan budaya berorganisasi secara efektif dan bermanfaat bagi pengembangan akademik mahasiswa.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Azis, Abdul, Matinya Dinamika Ormawa UNJ. Jakarta: Didaktika tahun XII No.87 Januari 2004

Dahar, Ratna Willis, Teori-teori Belajar. Jakarta: UT, 1998

Depdikbud, Pola Dasar Pengembangan Generasi Muda. Jakarta: Dirjen Dikti, 1998

Gibson, James L., Dasar Organisasi. Jakarta: Erlangga, 1987

Haynes, Marion E., Manajemen Untuk Diri Sendiri. Jakarta: Binarupa Aksara, 1991

Munandar, S.C. Utami, Pengembangan Bakat dan Minat Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia, 1992

Poerwadarminta, WJS., Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002

Schein, Edgar H., Psikologi Organisasi. Jakarta: Pustaka Binaman, 1991

Swito, Samuel, Psikologi Pendidikan. Jakarta: UI Publishing, 1982

Tidak ada komentar: